Sabtu, 09 Mei 2009

sakedik

Sejarah Jawa Barat

Jawa Barat merupakan salah satu daerah hunian manusia tertua di Indonesia. Sebagai bagian dari daratan Sunda yang muncul pada zaman Micceen – sekitar 26 juta tahun yang lampau- setelah terbentuknya Daratan Asia, Jabar cukup kaya dengan peninggalan sejarah kepurbakalaannya.

Banyak fosil binatang purba di temukan di kawasan Jabar, terutama diwilayah Kabupaten Subang. Alat-alat sejarah ditemukan di Jabar sekitar 600.000 tahun lamanya, yaitu zaman ketika manusia yang dinamakan Pithecanthropus Erectus hidup. Artinya, walaupun tidak ditemukan fosil Pithecanthropus Erectus seperti yang ada di Jawa Timur, alat-alat sejarah tersebut menandakan jenis manusia itu pernah tinggal di Jawa Barat.

Namun, seperti di daerah-daerah lainnya di Indonesia, bentuk kehidupan manusia baru diketahui ecara lebih jelas mulai tahun 2.000 tahun SM, yaitu sejak terjadinya gelombang migrasi besar-besaran dari daratan Asia, tepatnya dari kawasan Selatan Cina. Mereka datang dengan membawa serta kebudayaannya, antara lain kemahiran membuat barang-barang dari logam.

2 komentar: