Rabu, 01 Desember 2010

Jabar ranking 2 AIDS


Jabar Ranking 2 Pengidap AIDS
Sedih, kaget, juga miris….Berdasarkan data terbaru yang didapatkan, Dinas Kesehatan Jawa Barat pada acara diskusi panel peringatan hari AIDS menyatakan bahwa Jawa Barat berada di posisi 2 terbanyak pengidap HIV AIDS di Indonesia. Jumlahnya adalah sekitar 4608 orang yang terdiri dari 3454 pengidap AIDS dan 1154 pengidap HIV dengan angka kematian 16, 17 persen. Kebanyakan dari pengidap adalah pada usia produktif.

Sebabnya-pun beragam, ada yang dari penasun (pecandu narkoba dan jarum suntik sekitar 71,8 persen, heteroseksual 20,1 persen, dan sisanya perinatal. Jumlah ini adalah angka yang terdata di Dinas Kesehatan Jawa Barat, namun, disinyalir masih banyak pengidap yang beredar dikalangan “tak terlihat”. Maksudnya, kalau dari para PSK yang mengaku pekerjaannya adalah PSK, mereka mudah dilayani kesehatan dan di data, tetapi masih banyak kalangan lain yang sulit terdeteksi seperti ibu rumah tangga, pelajar, dan lain-lain yang tidak mau mengaku pekerjaan sampingannya adalah menjajakan seks, yang notabene penyebar virus HIV AIDS jika ia mengidap.
Betapa sedihnya melihat bangsa yang sedang sakit ini. Nampaknya banyak kebahagiaan yang tercerabut di berbagai sisi. Mari bantu mereka bangkit, yang kita perangi bukan orangnya, tetapi perilaku menyimpang yang menyebabkannya. Tapi jangan salah, terdapat sekelompok ibu muda yang mengidap HIV AIDS karena tertular dari suaminya, seperti yang terjadi pada salah satu LSM yang 60 anggotanya tertular HIV AIDS dari suaminya. Mereka menderita, jangan jauhi mereka.

Tindakan preventif paling penting

Urusan pengidap suatu penyakit yang terpenting adalah tindakan preventif atau pencegahan, angka pengidap yang begitu melambung dapat menipis jika setiap orang mengawasi dan mencintai orang-orang disekitarnya. Orang yang mencintai orang-orang disekitarnya akan selalu memperhatikan, menasehati dan memberi kasih sayang yang cukup bagi orang tersebut.

Mari jaga dan sayangi orang disekitar kita
Sayangi berarti mendidik
Sayangi berarti mengajari, moral, agama, pengetahuan umum, menghargai diri sendiri, dan sebagainya
Sayangi berarti menjaga agar tak terjadi sesuatu yang buruk menimpa mereka
Sayangi berarti menasehati mereka agar selalu ada dijalanNya
Sayangi berarti berbagi….
Berbagi kabar, berbagi perhatian, berbagi segalanya,,,,
Mari jaga dan sayangi orang disekitar kita!

Sedikit sejarah tentang HIV AIDS
Pada tahun 1959 di Kongo terdapat penderita seperti HIV AIDS yang pada waktu itu belum dinamakan AIDS. Ditemukan juga sekelompok Gay yang meninggal secara misterius di Amerika Serikat yang diketahui ada inveksi mirip HIV AIDS.
Setelah diteliti, pada tahun 1983- 1984 virus tersebut dinamakan Human immunodeficiency virus (HIV).
Virus ini masuk ke Indonesia pada tahun 1987 dan mulai ada pasien di Rumah sakit Hasan Sadikin Bandung-jawa Barat pada awal tahun 1990.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar