Selasa, 05 Oktober 2010

Perjalanan Singkat yang Sarat Emosi

05 Oktober 2010

Satu hari dimana ku banyak mendapat pelajaran...
sebenarnya cuma masalah sepele....
pagi itu aku berniat mengurus persyaratan cpns...seperti legalisir ijazah, membuat skck (Surat Keterangan catatan Kepolisian)n kartu kuning...tapi bingung, pasalnya hari itu hari kerja dan aku tak enak baru beberapa blan kerja udah izin ga masuk...

tapi demi menggapai cita-cita, kuberanikan diri meng-sms bosku...alhamdulillah jawaban beliau langsung "ya". ternyata tak sesulit bayangnku...^_^

target pertama...buat skck
lokasiku di jl pajajaran, dan aku harus buat skck ke soreang, sekitar 2,5 jam perjalanan kalo pake angkot....jaraknya sih ga jauh-jauh amat...hanya saja macet slalu menemani di sepanjang jalan.
tapi masalahnya....aku tak tau rute kesana....waah...ide cemerlang datang...knapa ga kuajak aja teman2ku...mereka juga kan btuh buat skck....

07.00

ku sms 5 temanku yg punya motor...."anter aku ke soreang yuk...bikin skck"
1 orang ga menjawab, satu orang telat jawab, 2 orang langsung jawab " sorryyyy.....harus kerja"...dan setelah lama menunggu....ada satu orang emanku yang mau mengantarku, "tapi gak bisa pagi, aku harus masuk kantor dulu, jam 9an ya...", katanya di sms..
kontan kujawab "alhamdulillaaah...makasih yaaaaaaaaaaaa....."
(kurang lebih begitu ^-^)

tepat jam 9 aku siap2....polresnya tutup jam 2 jadi aku harus buru2 pergi...

09.30
sepi..tak ada sms..
kukirim sms : "hayu atuh tos jam stengah 10"
temanku : "kela lagi meeting"

10.00
tak ada sms

10.30
sunyi

11.00
kukirim sms: "teman....."
temanku: "duh sorry teu tiasa....masih meeting"

ya aympuunnnn udah jam 11 baru bilang ga bisa....kaget... bingung,,,kesal,,,campur aduk...
kaget karna tiba2 saja dia batalkan janjinya...
bingung karna aku harus pergi sendiri, waktu mentok, n gatau rute, kalo besok....aku tak tau akan diizinkan bosku ato ngga...sedangkan pendaftarannya tinggal 2 hari...ya ampuunnn..
bete karna dari pagi aku udah siap n nungguin dia....ternyata akhirnya dia bilang "ga bisa"...oh god...knapa ga dari tadi ajaaa.......tp aku maklum...dia harus kerja...andai saja dia kerja dikantor engkongnya mungkin dia bisa izin ga masuk seenak jidat...

11.10
setelah sedikit menangis satu dua tetes karna kesal, keberanianku tiba2 muncul..."hah cuma soreang....masih daerah bandung....kalo ga tau aku tanya aja....trus kalo nyampe sana polresnya udah tutup tinggal balik lagi aja"

ku sms temanku menanyakan rute menuju polres...dan temanku menjawab, gakkan cukup waktunya, keburu tutup...
tapi emosiku menjawab...tak peduli aku udah terlanjur bolos kerja, mu tutup or masih buka yg penting aku pergi dari rumah...

PERJALANAN PELAJARAN DIMULAI

ASAP ROKOK BIKIN EMOSI
angkot sthall-lembang
masih linglung, kunaiki angkot besar itu, didalamnya penuh dengan anak SMPN 3- bandung yang nampak baru pulang sekolah. kutatap satu2....hatiku bicara, "koq kucel2 amat neh anak2", yang satu lututnya naek ke atas jok angkot, bikin yang lainnya sempit2an terambil jatahnya..

tapi koq angkotnya penuh asap rokok?
ya ampuuuunnn.....aku baru sadar anak2 tengik itu sedang merokok.....
5 orang diantara sekitar 10 orang yang pegang rokok...sisanya minta seisap dua isap dari temannya...bahasa mereka kasar, penuh dengan nama-nama binatang......kalau kutaksir mereka baru kelas 1 SMP....Ya Allah apa kabar dengan negeri ini....hingga pemandangan seburuk ini terjadi didepan mataku...entah bagaimana hati orang tua mereka ketika melihat anak2nya seperti ini..
tak banyak yg bisa kulakukan, hanya menatap mata mereka satu persatu...
hanya untuk meyakinkan kalau mereka masih punya malu...
tapi tak semua dari mereka punya..
beberapa orang manantang balik menatapku dan memperlihatkan dengan bangga rokok mereka...
dan aku....hanya bisa geleng-geleng kepala

angkot cibaduyut kalapa
pemandangan yang kudapat berbalik 180 derajat. kali ini yang memenuhi angkot anak SMP P------ (salah satu SMP swasta di Bandung) kali ini anaknya rapi-rapi, wangi, dan duduk dengan sopan. yang mereka bicarakan sepanjang jalan hanyalah pelajaran (mereka sedang UTS)...dan menghitung-hitung kira-kira berapa soal yang telah mereka jawab dengan benar dan berapa soal yang salah....oohh....pemandangan yang sungguh menyenangkan...dimanapun bisa menjadi media intelektual...

miris.....satu golongan begitu jauh dari etika dan kesadaran intelektual...
golongan lain,,,yang menurutku minoritas tapi mayoritas dalam perekonomian bangsa ini, pendatang, terbiasa hidup dalam dunia intelektual..

ini hanya sample kecil....semoga tak terjadi di belahan bumi lain.

TAK HIGIENIS TAPI TETAP SEHAT....

bersambung ah....pegel nulisnya.....

1 komentar:

  1. ralat tulisanku dengan subjudul ASAP ROKOK BIKIN EMOSI: itu tuh maksudnya bukan angkot st hall - lembang, tapi st hall - ledeng..(emang ada ya angkot st. hal- lembang)???....
    trus berhubung ada yg salah sangka, aku jelasin deh yang ku maksud itu SMP 3- (tiga strip)itu bukan SMP 3....tp SMP tiga puluh sekian....begicyu...buat adikku(yang sempet ngancam sama aku...hihihihi)aku udah jelasin yaaa.....lain kali ga usah pake ngancam ya say...biar orang yang kamu ajak bicara seneng bacanya.....siiiippp....

    BalasHapus