Rabu, 24 Maret 2010

nenek terbaik sedunia

Who is Ur Idol?.....I was confused.....but now I know.....yahh...My grandma is my idol..
the best grandma in the world...

Yah...beliaulah nenekku yang saat aku kecil sempat tak ku sadari betapa hebatnya beliau. sang nenek yg slalu menangis bila melihat anak cucunya datang...menunggu berjam2 kedatangan kami dirumah beliau...lalu tak segan beliau rangkul..peluk dan ciumi kami sambil meneteskan air mata bahagia.

Kalo lebaran, saat kluarga besar kami berkumpul, beliau juru masak terhebat sepanjang hidupku. Kambing kecap manis, sambal terasi, pepes ikat....huwaah.....smua slalu disajikan bersamaan...yah 3 hari bersamanya paling sedikit 1 kg berat badanku bertambah ^_^. Dan yang paling dahsyat....sambal terasinya...mantaaaaap.....dirumah aku ga terlalu suka sambal terasi...tapi...sambal terasi buatannya terbaik di dunia.

Beliau sedikit rewel kalo ada yang kotor, karna ga suka ada kotor sedikitpun, walaupun usianya sudah senja..beliau tak segan membereskan rumah dan memasak, rumahnya yang sederhana tapi luas dan terletak di daerah Malausma yang dingin semakin terasa adem dengan keadaannya yang selalu bersih. Kalo kamu mu nyepi n refreshing cocok banget pergi kesini ^_^. Tapi karna kalo lebaran keluarga besar kami yang berjumlah 35 orang ini suasana rumah jadi rame n anget banget.

Kehidupannya ga pernah jauh dr mesjid...solat 5 waktu beliau laksanakan bersama abahku tercinta di Tajug (sebutan untuk mushola) dekat rumah.Alhamdulillah lokasi rumah dekat dengan tajug. Rasanya hampir tak ada solat fardu yang beliau kerjakan munfarid. Memimpin majlis ta'lim, menyantuni anak yatim, fakir miskin, siapapun.....Bahkan dengan kesehatan mata yang sudah berkurang semangat beliau membaca Alquran tak pernah menurun. Satu kali Ramadhan minimalnya 5 kali khatam quran...tahun terakhirpun....saat beliau mengidap sakit yang serius beliau khatam 4 kali. Subhanallah....inilah nenek terbaikku sedunia.

Beberapa bulan terakhir....tepatnya setelah lebaran kemaren, Allah memberinya ujian, berawal dr penyakit glukoma yang sudah cukup parah, kehidupannya jadi berubah, kecuali ibadah. badannya selalu lemas, ngantuk dan gak bersemangat. Tapi aku bangga padanya, beliau masih punya semangat tinggi untuk sembuh dan bersedia dirawat anak2nya di Bandung.

Dalam keadaan sakit, rasa cinta beliau tak pernah surut. Ktika ku menengoknya dia rangkul n cium aku., sambil seperti biasa, meneteskan airmatanya karna bahagia melihat anak cucunya sehat. Berbagai pengobatan tlah ditempuh, tapi nenekku tak kunjung membaik, ternyata ada satu penyakit lagi yg sedang menggerogoti tubuh nenekku......

Osteoporosis....ya ostoporosis itu yang membuat tulang belakang nenekku retak, beliau tak lagi punya kalsium di tulangnya...saat itulah nenek mulai tak berdaya....beliau hanya bisa tertidur, meringis, menangis kesakitan, disela dzikirnya yang tak kunjung terhenti. Osteoporosis tak ada obatnya...tp anak2nya tak mau menyerah mencari pengobatan alternatif untuknya, nenek terbaik sedunia.

Sampai akhirnya, Abah dan nenekku merasa usaha kita sudah cukup. Beliau membawa nenek pulang ke Majalengka. Sesaat sebelum beliau pulang ke Majalengka beliau memelukku keras2 dengan sisa tenaga yg ia punya...."harus jadi pit.....harus jadi". Ya Allah....aku terhenyak.....saat kondisi buruknya beliau masih kuat memelukku beliau berusaha memberiku kekuatan dan berdoa untuk kebahagiaanku...Ya Allah tolong nenekku......beliau ingin sempat melihatku menikah disisa hidupnya....sembuhkan nenekku tercinta ini Ya Allah.

Akhirnya beliau bertahan tanpa pengobatan...kondisinya smakin hari smakin buruk...kini beliau tak sanggup lagi melakukan apapun. Yang beliau lakukan hanya menangis sesekali jika osteoporosisnya sedang menyiksa, solat dan berdzikir. Beruntung ada tanteku yang sabar merawatnya dengan baik. Nenekku kini berada daalm kondisi terpuruk, hanya mampu terbaring tak berdaya...Ya Allah sembuhkan nenekku....angkat penderitaannya ya Allah....

Suatu hari, saat kami tak sedang menengoknya di Majalalengka, tanteku yang baru dari Majalengka membawakan titipan nenekku. Ternyata dalam kondisi terburuknya nenekku masih sempat mengingatku...beliau membuatkanku seperangkat bantal dan guling...tanteku bilang, beliau membuatkanku itu agar aku punya bantal dan guling baru ketika menikah nanti (yg akupun tak tau kapan akan menikah). Aku langsung terharu dan menangis....makanpun beliau sudah ga masuk....tp beliau masih sempat memikirkanku...Ya Allaaah.....tolong nenekku.....angkat penderitaannya Ya Allaaah.

Belum sempat ku menengoknya lagi,,,dan belum sempat ku berterima kasih, nenek terbaik seduniaku telah tiada. Allah telah mengangkat penderitaannya selamanya. Terimakasih nek, terimakasih atas semua cintamu, smua kebaikkanmu, uswahmu, motifasimu, smuanya. Terimakasih bantalnya nek.....bantalnya bagus....empuk banget....Mpit sayang Mih........

Ini mungkin yang terbaik yang Allah berikan untuk kita semua. Nek, Kau baik, InsyaAllah Allah akan dengan senang hati menerimamu di sampingNya. InsyaAllah Allah akan menjaga nenek disana...ditempat yang kekal....kini...hanya doa yg bisa kami panjatkan untukmu Nek...

Ya Allah terima nenekku disisiMu
lapangkan dan terangi beliau dikuburnya Ya Allah
terima amal ibadahnya
ampuni segala kesalahannya
Masukkan beliau ke tempat yang Terindah disisimu Ya Allah...
Tempatkan nenek terbaik sedunia ini di SurgaMu.

Amin.

dulu, saat ada yg bertanya, siapa tokoh favoritmu selain ibumu? aku bingung. tapi sekarang aku tau...NENEKKU....





1 komentar:

  1. ya......rasanya kita bisa tau jasa orang lo org tu dah ga ada..
    ho......

    BalasHapus